Monday, September 26, 2016

Sistem Komputer

SISTEM KOMPUTER 

A. Definisi Komputer 
Komputer  merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu*.  

B. Sistem Komputer 
Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu 
1. Hardware (Perangkat Keras), merupakan rangkaian elektronika 
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada komputer 
3. Brainware (SDM) 

1. Perangkat Keras  
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama, yaitu 
A. Processor, merupakan bagian dari perangkat  keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta  pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. 
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.  Contoh  : jika  prosesor  memiliki  frekuensi  clock  350  MHz,  berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x  10-8 detik. 
B. Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu 
1) Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program  yang  sedang  dijalankan.  Biasa  juga  disebut  sebagai  RAM. Karakteristik dari memori primer adalah

  • Volatil  (informasi  ada  selama   komputer   bekerja.   Ketika komputer  dipadamkan,  informasi  yang  disimpannya   juga hilang) 
  • Kecepatan tinggi 
  • Akses random (acak) 
2) Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah 


  • Non volatil atau persisten 
  • Kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer) 
  • Akses random atau sekuensial 
Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape 

C. Input-Output  Device,  merupakan  bagian  yang  berfungsi  sebagai  penghubung antara  komputer  dengan  lingkungan  di  luarnya.  Dapat  dibagi  menjadi  dua kelompok, yaitu 
1) Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan : 

  • Keyboard 
  • Mouse 
  • Touch screen 
  • Scanner 
  • Camera 
  • Modem 
  • Network card 
2) Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan : 


  • Monitor 
  • Printer 
  • Speaker 
  • Plotter 
  • Modem 
  • Network card, dll
2. Perangkat Lunak 

Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut 
A. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan  antarmuka  dengan  perangkat  lunak  lain  atau  dengan  pengguna. Contoh  sistem  operasi  : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintosh,  OS/2,  UNIX  (dengan  berbagai  versi),  LINUX  (dengan  berbagai distribusi), NetWare, dll 
B. Program Utilitas, merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll. Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic, McAfee, dll 
C. Program  Aplikasi, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi manufaktur, dll 
D. Program  Paket,  merupakan  program  yang  dikembangkan  untuk  kebutuhan umum, seperti: 

  • pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS  Word,  Word 
  • Perfect, AmiPro, dll 
  • Pengolah  angka  /  lembar  kerja  :  Lotus123,  MS  Excell, QuattroPro, dll 
  • Presentasi : MS PowerPoint, dll 
  • Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll 
E. Bahasa  Pemprograman,  merupakan  perangkat  lunak  untuk  pembuatan  atau pengembangan perangkat lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman juga memiliki pertumbuhan generasi. 


3. SDM 
Terdapat berbagai peran yang  dapat  dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah a. Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer. b. Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer c. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan d. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran komputer e. dll.

C. Klasifikasi Komputer 
1. Berdasarkan Sinyal Masukan 
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi 

  • Komputer  Analog,  menerima  sinyal  masukan  berupa  data  analog.   Contoh  : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU 
  • Komputer Digital, mernerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal. 
  • Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital 
2. Berdasarkan Ukuran 

Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi 

  • Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang.  Contoh : PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll 
  • Komputer  Mini,  berukuran  lebih  besar,  biasa  digunakan  untuk  kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll 
  • Supercomputer,  merupakan  komputer  berkinerja  amat  tinggi,  biasanya  untuk memenuhi kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue, EarthSimulator, dll 
  • Mainframe 
3. Berdasarkan Generasi 

Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi 

  • Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa 
  • Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor 
  • Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit) 
  • Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC) 
4. Berdasarkan Tujuan Pembuatan 

Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi 

  • General  Purpose,  merupakan  komputer  yang  dikembangkan  untuk  kebutuhan umum. Contoh : PC, Notebook, dll 
  • Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur 


Catatan tambahan : 
a. dapat saja dibuat klasifikasi komputer berdasarkan berbagai kriteria yang lain 
b. dengan  amat  cepatnya  perkembangan  teknologi  perangkat  keras komputer, klasifikasi di atas boleh jadi sudah berubah 

No comments:

Post a Comment